Selasa, 05 Mei 2009

FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI

Mengapa Fakultas Teknologi Informasi UNAI?
 Minimnya Renaga Kerja Profesional Teknologi Informasi di Indonesia menyebabkan banyaknya tenaga kerja asing yang direkrut di bidang ini. Pada tahun 2010 dibutuhkan 320.000 tenaga professional Teknologi Informasi di Indonesia.
 Permintaan bagi application development integration dan security application meningkat secara signifikan, lebih cepat dari kategori software lainnya. (Sumber: The Gartner IT Watch).
 Para prifesional dengan sertifikat MCSE (Microsoft Certificated Softaware Engineering) termasuk dalam kategori 10 profesional dengan bayaran tertinggi.
 Ada kebutuhan 2,5 juta Java Developers hingga tahun 2010 dan diperkirakan akan meningkat menjadi 4 juta.
Industri Teknologi Informasi berkembang paling cepat sehingga Tenaga Profesional Teknologi Informasi sangat diperlukan. Industri yang berkembang dengan persat pun selalu membutuhkan teknologi informasi dan tenaga profesional IT untuk mendukung pertumbuhanny, misalnya industri telekomunikasi dan perbankan.

Tujuan
Untuk mempersiapkan tenaga kerja (lulusan) yang berkualitas untuk bekerja pada suatu bidang spesifik yang sesuai dengan kemampuan yang ditanamkan kepadanya.

Visi
Menjadi lembaga pendidikan tinggi yang bermutu dalam bidang teknologi informasi supaya dapat menghasilkan lulusan unggul yang siap menghadapi masa depan dan kebutuhan masyarakat.

Misi
Melaksanakan pendidikan tinggi Kristen yang bermutu dalam berbagai bidang ilmu pengetahuan supaya dapat menghasilkan lulusan unggul yang siap menghadapi masa depannya dan melayani kebutuhan gereja dan masyarakat.

Jurusan Teknik Informasika (S1)
Jurusan terakreditasi B dengan SK. No.010/BAN-PT/AK-IX/S1VII/2005 ini menitikberatkan pasa pelajaran Teknologi Informasi yang merupakan gabungan antara perangkat keras dan perangkat lunak dengan mengikuti perkembangan teknologi informasi.
Dengan mengikuti jurusan ini maka para lulusan diharapkan mampu untuk mengelola dan mengembangkan teknologi informasi mulai dari tahap perancangan, imp;ementasi hingga updating, serta memiliki kemampuan untuk menganalisis masalah-masalah di dalam pelaksanaannya.
Untuk mencapai tujuan tersebut maka kurikulum telah disusun sedemikian rupa hingga total 152 sks yang tersiri dari:
o MPK (Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian)
Pendidikan Agama, Pancasila, Kewarganegaraan, Bahasa Inggris, Etika Kristen.
o MKK (Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan)
Kalkulus, Logika Matematika, Fisika Dasar, Struktur Data, Matematika Diskrit, Algoritma dan Pemograman, Elektronika Dasar dan Digital, Aljabar Linier, Statistik dan Probabilitas, Teori Bahasa & Otomata, Metode Numerik, Mikokontroler & Mikroprosesor, Pengantar Kecerdasan Buatan, Teknik Kompilasi.
o MKB (Mata Kuliah Keahlian Berkarya)
Pengantar Komputer & TI, Perograman Java, Arsitektur & Org. Komputer, Pemrograman Berbasis Web, Teknik & Sistem Basis Data, Pemrograman Berorientasi Objek, Jaringan Komputer, Rekayasa Perangkat Lunak, Sistem Keamanan Komputer, Grafika Komputer, Sistem Operasi, Riset Teknologi Informasi, Pemrosesan Parallel, Interaksi Manusia & Komputer, Seminar Komputer.
o MPB (Mata Kuliah Perilaku Berkarya)
Kerja Praktek, Etika Profesi, Kewirausahaan TI.
o MBB (Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat)
Pendidikan Keterampilan Kerja, Komputer & Masyarakat, Kecakapan Antar Personal.

Jurusan Sistem Informasi
Ijin penyelenggaraan oleh DIKTI Depdiknas No. 171/D/T/2007
Jurusan ini menitikberatkan pada peranan Sistem Informasi yang saat ini menjadi urat nadi organisasi modern dalam mengelola informasi sehingga dapat menjadi salah satu keunggulan bisnis.
Dengan mengikuti jurusan ini maka para lulusan diharapkan mampu untuk mengelola dan mengembangkan Sistem Informasi berbasis Teknologi Informasi, Komunikasi dan Bisnis, serta mampu menganalisis masalah-masalah di dalam pelaksanaannya, disamping dapat enjadi seorang manajer dan entepreneur dalam bidang IT.
Untuk mencapai tujuan tersebut maka kurikulum telah disusun sedemikian rupa dengan total 152 sks yang terdiri dari:
o MPK (Mata Kuliah Pengembangan Kepribadian)
Pendidikan Agama, Pancasila, Kewarganegaraan, Bahasa Inggris, Etika Kristen.
o MKK (Mata Kuliah Keilmuan dan Keterampilan)
Pengantar Akuntansi, Kalkulus, Logika Matematika, Struktur Data, Algoritma dan Pemograman, Bahasa Pemrograman, Aljabar Linier, Pengantar Bisnis, Manajemen, Statistik dan Probabilitas, Analisa Proses Bisnis, Sistem Informasi Akuntansi, Sistem Informasi Manajemen
o MKB (Mata Kuliah Keahlian Berkarya)
Pengantar Komputer & TI, Pemrograman Berbasis Web, Sistem Basis Data, Pemrograman Berorientasi Objek, Analisa & Perancangan SI, Perancangan Basis Data, Rekayasa Perangkat Lunak, Jaringan Komputer, Riset Teknologi Informasi, Testing & Implementasi SI, Seminar Komputer, Manajemen Proyek SI, Datawarehouse & Datamining.
o MPB (Mata Kuliah Perilaku Berkarya)
Kerja Praktek, Etika Profesi, Kewirausahaan TI.
o MBB (Mata Kuliah Berkehidupan Bermasyarakat)
Pendidikan Keterampilan Kerja, Komputer & Masyarakat.

Prasarana Penunjang Pendidikan
Untuk lebih meningkatkan efetifitas dan efisiensi proses pendidikan yang seimbang, maka Universitas Advent Indonesia mengharuskan setiap mahasiswa untuk tinggal di asrama (kecuali izin khusus) dan telah disediakan berbagai prasarana penunjang pendidikan seperti:
• Asrama terpisah pria dan wanita yang disertai dengan peraturan yang memiliki keseimbangan antara pikiran, rohani, dan jasmani.
• Perpustakaan yang dilengkapi dengan ruangan yang sejuk dan nyaman.
• Cafetaria yang menyajikan makanan sehat vegetarian.
• Kapel sebagai tempat ibadah yang dapat meningkatkan kerohanian mahasiswa.
• Sarana olahraga untuk memelihara kesehatan jasmani, seperti: Lapangan sepak bola, Bola Basket, Tenis, Bulu Tangkis, Bola Voli, dll.
Student Center, tempat membina perkembangan sosial dan budaya.

Persyaratan Akademis
• Lulus dari Sekolah Menengah Umum atau yang sederajat.
• Lulus Ujian Masuk (Lihat keterangan di halaman belakang)

Persyaratan Kelengkapan Akademis
1. Menyerahkan STTB asli dari Sekolah Menengah Umum atau sederajat.Menyerahkan copy STTB yang dilegalisir 5 rangkap.
2. Menyerahkan Buku Raport asli.
3. Menyerahkan copy NEM yang dilegalisir 5 rangkap.
4. Menyerahkan Surat Babtisan Asli (Bagi yang beragama Advent),
5. Menyerahkan copy Akta Kelahiran 1 rangkap.
6. Menyerahkan minimal 2 surat rekomendasi (Formulir disediakan).
7. Mengisi dan menyerahkan formulir pendaftaran
8. Khususnya bagi mahasiswa pindahan menyertakan surat pindah dan daftar nilai (Transkip of Record) dari sekolah asal.
Foto ukuran 2x3 sebanyak 2 buah (berpakaian formal).

Fasilitas Laboratorium
 Lab. Software
 Lab. Komputer Umum
 Lab. Network
 Lab. Multimedia
 Lab. Fisika/Elektronik
 Lab. Database
Seluruh laboratorium sudah terhubung jaringan internet.

Opspek
Gel 1: 24-27 Juli 2009
Gel 2: 18-20 Sept 2009-05-04

Ujian Masuk (Matematika, TPA, Bahasa Inggris): 25 & 27 Juli 2009-05-04

FAKULTAS TEKNOLOGI INFORMASI
UNIVERSITAS ADVENT INDONESIA
Jl. Kolonel Masturi No. 288, Parongpong, Bandung 40559
Tel. 022-2700156, 081320277292
fti.unai.edu

Informasi lebih lanjut:
Biro Administrasi Akademik UNAI
Jl. Kolonel Masturi No. 288, Parongpong, Bandung 40559
Tel. 022-2700161; Fax. 022-2700162
registrar-unaiatbdg.centrin.net.id
www.unai.edu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar